Pengalaman Seleksi Test TRDP di PT Trans Retail Indonesia (Carrefour)

pengalaman tes trans retail carrefour

Siapa yang tidak tahu tentang salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia ini yaitu Carrefour. Kali ini tipskerja akan mencoba mereview tentang pengalaman seleksi dan bocoran tahapan tes dari TRDP di Pt Trans Retail Indonesia atau biasa yang disebut Carrefour. Kamu bisa mendapatkan lowongan kerja dari Carrefour ini melalui situs resmi website Carrefour atau lebih seringnya bisa kamu temui di Jobfair kampus kotamu. Setelah seleksi administrasi kamu akan langsung menjalankan tahapan psikotest. Berikut tahapan dan tips menjalankannya.


Baca Juga >>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate <<<


  1. Psikotest

Sebelum kamu mengerjakan soal psikotest, tim hrd dari Carrefour akan menjelaskan tentang profil perusahaan dan seperti apa rasanya jika kamu bekerja di perusahaan ini.

Ada beberapa sesi untuk tes psikotes ini dan setiap sesi akan diadakan sistem gugur. Jika kamu lolos pada sesi pertama maka kamu akan langsung mengikuti sesi selanjutnya hingga tahapan psikotest selesai. Berikut daftar soal dari psikotest Carrefour.

  • Tes matematika dasar dan deret angka matematika
  • Tes kemampuan verbal (sinonim antonim kata, tes mencocokan gambar dll)
  • Tes koran Pauli atau Kreaplin (menjumlahkan deret angka sederhana)
  • Tes wartegg (menggambar lanjutan gambar untuk menjadikan sebuah makna)
  • Tes menggambar manusia (beserta aktivitas, kekuatan dan kelemahan karakter yang kamu gambat), menggambar pohon.
  • Tes psikotest kepribadian diri (tidak ada jawaban benar atau salah, semua sesuai dengan kepribadian kamu sendiri)

 

  1. Focus Group Discussion (FGD)

Pada tahpan FGD ini jika kamu lolos psikotest maka kamu akan langsung ketahapan selanjutnya yaitu FGD. Pastikan kamu dalam keadaan yang prima dan bawalah bekal makanan untuk mempersiapkan rangkaian tahapan tes in dan yang terpenting sarapanlah terlebih dahulu.

Awalnya semua peserta yang lolos akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil berjumlah 5-6 orang tiap kelompok. Setelah itu kamu akan diberikan kertas pertanyaan dan lembar jawaban yang harus dikerjakan masing masing peserta. Pertanyaannya berupa soal prioritas yang berhubungan dengan masalah yang sering dialami dalam perusahaan.

Studi kasusnya yaitu kamu harus memilih karyawan mana yang akan dipromosikan terlebih dahulu dari beberapa karyawan lainnya.

Setelah itu kamu akan berdiskusi dengan teman kelompokmu dan hasilnya akan dipresentasikan didepan kelompok lain. Kelompok lain juga dipersilahkan untuk melakukan tanya jawab.


Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<


 

  1. Interview HRD

Di tahapan ini kamu akan diwawancarai oleh tim HRD Carrefour langsung. Pertanyaan seputar kehidupan kampusmu, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja jika ada. Selebihnya HRD akan menjelaskan tentang program ini yang mana program TRDP ini akan berlangsung selama 2 tahun.

  • Diminggu 1-3 kamu akan mendapatkan teori in class
  • Kemudian 7 bulan untuk OJT (On Job Training) kamu sudah melakukan kerja dilapangan langsung
  • Dan untuk bulan selanjutnya sampai 2 tahun kamu sudah ditempatkan sesuai dengan arahan perusahaan dan setiap tahapannya akan ada evaluasi dan juga menggunakan sistem gugur.

Hrd juga menjelaskan tentang sistem pinalti yang akan kamu terima jika kamu mengundurkan diri sebelum kontrak yang diterima. Dan kemungkinan ijazahmu juga akan ditahan sebagai jaminan kamu tidak kabur sebelum kontrak selesai.


Baca Juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<


  1. Interview User

Kamu akan diwawancarai oleh manager dari perusahaan ini. Kali ini bersiaplah untuk menggunakan bahasa inggris jika diminta oleh user. Pertanyaan hampir sama dengan interview hrd kamu dicoba untuk menggambarkan bagaimana pekerjaanmu nantinya sesuai dengan pengetahuanmu sebelumnya. Disini kamu akan lebih dijelaskan tentang bagaimana nantinya kamu bekerja diperusahaan ini.


Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<


  1. Store Visit

Kamu diminta untuk datang ke store langsung dari PT Trans Retail Indonesia. Peserta akan didampingi oleh SM (Store Manager) langsung. Disini kamu bertugas untuk melihat aktivitas apa saja yang dilakukan selama store visit. Lebih baik jika kamu membawa catatan kecil untuk mencatat hal yang penting selama store visit nanti. Jadwal store visit ini mulai dari pengecekan gudang store, menjaga kebersihan dan kerapihan, briefing pagi dengan kasir store dan pegawai lainnya.

Seluruh peserta nantinya juga akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok akan berpencar untuk membantu tugas tugas dari karyawan disana. Keesokan harinya kamu juga akan melakukan store visit untuk melakukan kegiatan closing store. Kegiatan ini terdiri dari pengecekan pintu, listrik dan pengecekan gudang tentang stok gudang.

Catat semua gambaran mengenai pekerjaan dari TRDP ini, agar kamu tidak kaget jika kamu bekerja disini dan agar pada tes berikutnya kamu paham seperti apa saja job desk yang dilakukan dalam store visit.

 

  1. Briefing dan MCU (Medical Check Up)

Setelah store visit kamu akan dibriefing langsung dengan General Manager dari PT Trans Retail Indonesia. Beliau akan mereview ulang mengenai apa saja yang kamu dapatkan setelah mengikuti store visit sebelumnya.

Untuk MCU ini seperti MCU pada perusahaan lainnya mulai dari tes fisik, cek darah dan urine, rekam jantung, cek tekanan darah, cek mata dan lain lain.

Ini merupakan tahapan terakhir dari seluruh rangkaian proses  tes TRDP dari PT Trans Retail Indonesia. Selanjutny tinggal tanda tangan kontrak beserta pelatihan training in class. Semoga beruntung bagi kamu yang sedang mendaftar. Terimakasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.