Rekrutmen Dan Pengalaman Tes Telkom Group

pengalaman seleksi tes pt telkom

Untuk info lowongan kerjanya bisa kamu cari di website resmi dari PT Telkom yaitu http://rekrutmen.telkom.co.id

PT Telkom sebagai salah satu BUMN paling terkemuka di indonesia sering membuka lowongan kerja untuk berbagai posisi dari situs resmi yang dimilikinya dengan penempatan kerja seluruh indonesia. Kali ini tipskerja akan mereview tentang rekrutmen dan pengalaman tes dari telkom group akses di indonesia. Mulai dari contoh psikotes sampai dengan contoh soal dan tahapan dari seleksi PT Telkom ini. Berikut tahapan tes dan seleksinya :

  1. Seleksi Administrasi

Tipsnya adalah coba untuk memenuhi semua berkas yang diminta mulai dari transkip nilai sampai dengan sertifikat khususnya sertifikat TOEFL. Jika kamu tidak memilikinya kamu bisa mengikuti tes TOEFL yang ada dikotamu sebelum kamu mengisi berkas berkas administrasinya. Karena hanya kandidat yang memiliki berkas lengkaplah yang akan dipanggil pada tahapan selanjutnya.

  1. Seleksi I (Online Assessment )

  • Sesi 1

Pengisian data dan pencocokan data. Disini kita akan login kedalam website dari telkom dan kamu juga diminta untuk mengisi biodata diri yang menunjukkan bahwa kamu hadir dan benar benar tercatat sebagai pelamar yang diundang sebelumnya. Ada juga pertanyaan esay tentang komitmentmu jika bekerja di PT Telkom ini.

  • Sesi 2

Akan ada beberapa tes dalam beberapa hari kedepan. Sebaiknya kamu bisa menyiapkan waktu luang untuk tes beberapa hari kedepan. Tesnya berupa :

 

General Cognitive Ability Test (beriisi tentang matematika dasar, bangun ruang dan pengolahan kata).

English Ability Tes (hampir seperti tes TOEFL pada umumnya cuman akan lebih banyak pertanyaan mengenai analisa suatu case atau kasus dalam bahasa inggris).

Knowledge Assessment (ini merupakan tes yang akan sesuai dengan posisi apa yang kamu lamar. Pelajari lagi mengenai teori dasar yang kamu kuasai).

Telkom Way Assessment (tes kepribadian apakah kebribadian kamu sesuai dengan etos kerja di PT Telkom ini)

  1. Seleksi Tahap II

  • Online interview

Sesuai dengan judulnya, nantinya kamu akan wawancara secara online. Materi, tata cara dan tahapan bagaimana interviewnya akan kamu terima melalui email.

Pertanyaannya seputar pengenalan diri kamu dan mengapa ingin bekerja diperusahaan ini. Yang paling sulit adalah pertanyaan mengenai apa yang akan kamu bangun di PT Telkom jika diterima bekerja disini.

  • Giving Information For Telkom Essay (GIFT)

Pada tahapan ini kamu diminta untuk membuat saran dan masukan mengenai perkembangan Telkom dari sekarang maupun yang akan datang. Utarakan ide kretifmu disini.

  1. Seleksi Tahap Akhir

Akan ada beberapa sesi dalam tes kali ini yang dibagi menjadi 2 hari

  • Psikotes

Tesnya berupa : tes menggambar dan melanjutkan gambar warteg tes, dan juga tes koran pauli

  • Interview panel

Lebih seperti interview user dengan pewawancara berjumlah 2-4 orang. Pertanyaan lebih kepersonal pribadi diri dan pertanyaan mengenai gambaran kerja di PT Telkom nantinya.

  • Business Games

Pada tes kali ini seperti tes FGD pada tes diperusahaan lainnya, yang membedakannya adalah dalam tes ini lebih seperti bermain bagaimana cara untuk memenangkan sebuah tender proyek besar yang nantinya akan dibandingkan dengan kelompok lainnya.

  • MCU Test (Medical Check Up)

Kalian akan diminta untuk puasa terlebih dahulu dan perbanyak minum air putih. Tesnya berupa sample darah dan urin, cek fisik, tes jantung dan paru paru dan konsultasi dokter.

Add a Comment

Your email address will not be published.