Tahapan Tes Mega Management Development Program (MMDP Bank Mega)

tahapan tes bank mega mmdp

Bank mega juga membuka program percepatan seperti MT (Management Trainee). Tapi yang berbeda adalah bank Mega membuka program MMDP (Mega Management Development Program) yang merupakan program percepatan karir bagi kandidat karyawan baru untuk bisa cepat dalam berkarir. Program yang terdiri dari rangkaian tes dan training baik teori in class maupun praktik langsung di lapangan demi mempersiapkan kamu untuk memimpin perusahaan nantinya. Adapun tahapan tesnya yaitu:

  1. Psikotes dan FGD

Sebelumnya akan ada presentasi dari tim hrd yang akan menjelaskan tentang seluk beluk dari dunia perbankan khususnya diprogram MMDP ini. Seperti bagaimana tahapan trainee dan prosesnya, serta benefit dan keunggulan dari program percepatan ini.

Untuk tes psikotes soal yang kamu hadapi adalah:

  • Tes pauli
  • Gambar pohon dan manusia
  • Tes kepribadian diri
  • Tes verbal dan matematika dasar

Setelah tes psikotes yang terpilih dan lolos langsung menuju tahapan selanjutnya yaitu tes FGD (Focus Group Discussion). Di tes ini lebih baik kamu belajar mengenai topik terbaru dari dunia perbankan dan materi umum mengenai bank.

Sebelum tes kamu akan diminta untuk melakukan perkenalan diri dengan menggunakan bahasa inggris. Ini hanya untuk menunjukkan bahwa kamu mahir dalam bahasa inggris. Sedangkan untuk FGD nya sendiri menggunakan bahasa indonesia untuk berdiskusi.

Pertanyaan dan contoh casenya mengenai soal prioritas dari permasalah yang ada di bank mega. Kamu disuruh untuk memilih mana yang menurutmu pantas untuk diprioritaskan berdasarkan alasan dan asumsimu sendiri.

Setelah dibahas kamu nantinya akan diminta untuk presentasi didepan tim hrd dan tim lain. Tim lain juga berhak untuk mengajukan pertanyaan, saran dan juga kritik.

Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. Interview

Sebelum mengikuti interview ini kamu nantinya akan diberikan formulir yang berisi pertanyaan mengenai komitmen dan pertanyaan kepribadian lainnya.

Jangan lupa untuk mengingat jawaban yang kamu berikan diformulir tersebut, karena nantinya akan ditanyakan pada saat wawancara berlangsung.

Pertanyaan wawancara seputar kepribadian diri dan komitmenmu jika kamu lolos dari tes ini. Yang ditanyakan seputar kehidupan kampusmu, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja jika ada. Nantinya kamu juga akan lebih dijelaskan mengenai peranmu dan tantangan seperti apa yang akan kamu hadapi kedepan.

Baca Juga >>> Mengatasi Gugup Dalam Wawancara Kerja <<<

  1. Presentasi Program

Sebelum tes nantinya kamu diharuskan untuk menyiapkan materi presentasi yang akan kamu bawakan pada saat tes berlangsung. Materi bebas bisa dengan tema perbankan atau tema tentang teori kuliah yang kamu kuasai sebelumnya.

Tips dari kami, untuk membuat presentasi sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Tidak masalah jika materimu bukan tentang perbankan. Yang terpenting adalah kamu benar benar menguasai hal itu dan tau seluk beluknya. Tim penilai hanya ingin mengetahui sejauh mana kamu bisa menguasai suatu bidang yang telah kamu pelajari sebelumnya.

  1. Tes Kesehatan dan Tanda Tangan Kontrak

Tes kesehatan meliputi tes sample darah dan urin, tes rontgen paru paru dan pernapasan. Jika kamu lolos pada tahapan ini kamu akan langsung diterima dan akan menandatangi kontrak kerja beserta benefit yang kamu terima. Ada juga denda dan pinalti jika kamu resign sebelum masa kontrak selesai. Tetapi jika kamu di cut off dikarenakan kemampuanmu tidak sesuai dengan yang diharapkan program ini kamu tidak akan terkena denda dan pinalti.

Add a Comment

Your email address will not be published.