Pengalaman Dan Tahapan Tes PT HM Sampoerna Tbk.

pengalaman tes pt hm sampoerna

PT HM Sampoerna yang merupakan salah satu pabrikan rokok ternama di indonesia juga sering melakukan perekrutan kandidat karyawan baru. Salah satu yang sering dan banyak diminati adalah sales executive. Memang cenderung remeh seperti pekerjaan sales lainnya yaitu mengantar barang ke market. Tapi jangan salah sales Sampoerna ini tergolong yang memiliki gaji yang tinggi dan juga kualifikasi yang harus memadai untuk bisa masuk sebagai tim sales. Oke kali ini tipskerja akan mencoba mengupas tentang pengalaman dan tahapan apa saja yang akan kamu jalani di PT HM Sampoerna untuk posisi sales.

  1. Tes Tertulis dan Psikotes Online

Sebelum tes dimulai kamu akan mendapatkan pengetahuan dan gambaran besar bagimana nantinya kamu jika menjadi salah satu karyawan di sampoerna ini. Tim sales sampoerna ada yang sebagai sales motoris dan juga ada yang naik  mobil. Hal ini mengharuskan kamu untuk memiliki sim A sebagai salah satu syarat kualifikasinya. Meskipun ada juga sales yang mendapakan driver sendiri juga sebagai pembantu tugas sales.

Ujian dan materi tes tertulis ini terdapat beberapa bagian sub tes yaitu :

  • Tes kepribadian diri
  • Tes matematika dasar dan deret angka
  • Tes statistik
  • Tes verbal dan bangun ruang
  • Tes bahasa inggris
  1. Tes FGD (Focus Group Discussion)

Hanya kandidat yang memenuhi syarat saja yang lolos untuk tahapan ini. Tidak heran akan banyak yang tersingkir sebelum masuk ke tahapan fgd ini.

Sebelum mengikuti tes ini, ada baiknya buat kamu untuk belajar mengenai apa itu sales dan marketing dalam pemasaran suatu produk. Jangan lupa untuk belajar mengenai produk apa saja yang sampoerna punya dan tawarkan.

Semua kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan diberikan suatu case masalah yang harus kalian bahas bersama. Case dan topiknya seputar bagaimana cara agar pemasaran dan penjualan suatu produk menjadi lebih baik. Gunakan produk produk dari sampoerna untuk bisa membantu kamu dalam mencari solusi yang ada.

Usahakan untuk saling membantu dan berdiskusi bukan berdebat. Hormati perbedaan pendapat dan berikan saran yang bisa membantu pendapat lainya.

Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. Interview User

Jika kamu lolos untu tahapan FGD maka tahapan selanjutnya adalah wawancara user. Lebih baik untuk persiapkan bahasa inggrismu, karena nantinya hampir 80% tanya jawab menggunakan bahasa inggris. Usahakan semaksimal mungkin dan tetap tenang.

Kamu akan dipertemukan dengan tim hrd beserta manager sales dan supervisor sales. Pertanyaan yang akan kamu terima seputar pengenalan diri, kehidupan kampusmu, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja. Nantinya kamu juga akan diberikan suatu case tertentu mengenai sales and marketing. Juga coba ingat ingat untuk tes FGD sebelumnya. Materi dan topik pembahasan juga ada yang berasal dari materi FGD sebelumnya.

Baca Juga >>> Cara menenangkan diri dari gugup wawancara <<<

  1. Tes Kesehatan

Pada tahapan ini yang akan di tes adalah tes sample urine dan darah, tes fisik tinggi dan berat badan, tes mata dan rontgen juga ada.

Untuk MCU kali ini lebih baik untukmu untuk tidak begadang sehari sebelumnya, dan jangan lupa untuk perbanyak minum air putih.

 

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.