Pengalaman Dan Materi Tes Bank Muamalat Syariah

tes modp bank muamalat syariah

Sama seperti tahapan tes diberbagai perusahaan perbankan lainnya, bank syariah muamalat juga menyediakan program percepatan karir untuk perusahaannya. Dan berikut kita akan bagikan pengalaman dan contoh materi tes apa saja yang akan kamu jalani pada tahapan bank muamalat syariah ini.

  1. Seleksi administrasi

Untuk seleksi administrasi ini banyak syarat yang harus kamu penuhi sebelum bisa lolos ke tahapan selanjutnya. Seperti lulusan s1 atau s2 dengan IPK minimal 3.00 untuk s1 dan minimal 3.23, maksimal umur untuk s1 adalah 25 tahun dan 27 tahun untuk s2, latar belakang pendidikan dari ekonomi, akuntasi, teknik informatika, matematika, science dan psikologi. Dengan memiliki score TOEFL/IELTS/TOEIC minimal 500/6/550 bahasa inggris.

  1. Tes tertulis Agama Islam dan Perbankan

Untuk soal pada tes tulis ini berjumlah 50 soal dengan minimal menjawab benar 35 soal. Materi soalnya tentang dasar dari agama islam seperti contoh rukun islam dan rukun iman dalam islam, tauhid, haji dan ayat ayat alquran. Sedangkan untuk soal perbankan syariah seperti mudarabah, musyarakah, dan murabahah.

Sebelum tes juga tim hrd akan mempresentasikan apa itu MODP dan company profile dari perusahaan syariah muamalat.

  1. Interview HRD

Wawancara hrd akan menggali tentang passion dan minat bakat kita terhadap perushaan ini. Interview menggunakan bahasa inggris. Jadi lebih baik persiapan buat kamu untuk lebih banyak berlatih bahasa inggris terutama pada saat perkenalan diri. Yang ditanya seputar pertanyaan diri seperti pengalaman organisasi, prestasi dan pengalaman dalam memecahkan suatu masalah yang rumit.

  1. Psikotes

Waktu psikotes terbilang lama sekitar 4 jam dari awal tes. Siapkan diri kamu dan bawa bekal atau sudah sarapan terlebih dahulu. Soal yang akan kamu kerjakan mengenai  soal gambar, warteg dan pertanyaan essay.

  1. Interview Psikolog

Interview kali ini tim bank muamalah menggunakan vendor luar untuk bisa menggali lebih banyak informasi seputar kandidat karyawannya.

Masih dengan menggunakan bahasa inggris, dan pertanyaan seputar diri dan motivasi mengapa ingin bekerja di muamalat, pandangan kedepan soal diri kamu seperti apa dan bagaimana kamu menghadapinya.

  1. Tes TOEFL dan Interview

Tes toefl ini minimal skor yang harus kamu dapatkan adalah 400. Dan seperti tes toefl yang lainnya soalnya berupa listening, reading dan grammar. Untuk tempat tesnya bank muamalat juga mempercayakan kepada rekan vendornya.

Untuk tes wawancara dalam bahasa inggris. Kamu terlebih dahulu akan ditanyai mengenai topik yang akan dibahas. Lebih baik kamu sudah mempersiapkan topik yang akan dibahas nantinya. Pemilihan topik bisa berupa hobi atau yang menyangkut dengan pekerjaan perbankan lebih baik.

  1. Interview Manager

Masih menggunakan bahasa inggris interview akan dimulai dengan perkenalan diri kamu dan cerita kamu mengenai tahapan sampai lolos pada tahapan ini. Pertanyaan juga mengenai perbankan syariah, isu isu yang sedang beredar mengenai perbankan, dan  saham ekonomi saat ini. Pertanyaan juga mengenai diri kamu sendiri seperti pengalamanmu sebelumnya, organisasi atau pengalaman kerja dan pendapatmu dengan kamu di tahun tahun kedepan seperti apa.

  1. Tes kesehatan

Tes kali ini berupa tes darah, urin , mata , mulut dan rontgen. Jangan lupa untuk puasa makan selama 8 jam sebelum tes dan perbanyak minum air putih, jangan sampai kamu bergadang sehari sebelumnya.

 

Untuk gaji MODP  Bank Muamalat ini pada saat training awal sekitar Rp 3,5 sampai 4 juta belum termasuk dengan fasilitas seperti kos untuk karyawan yang tinggal diluar jakarta. Dan ketika sudah dinyatakan lolos kamu akan mendapatkan gaji sebesar RP 6 juta belum termasuk dengan fasilitas yang diberikan. Informasi ini juga bisa kamu lihat di berbagai situs forum kerja seperti kaskus.

Add a Comment

Your email address will not be published.