Apa yang harus diteliti sebelum wawancara kerja?

teliti sebelum wawancara

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk wawancara kerja adalah penelitian perusahaan.

Disini beberapa tips yang anda harus tahu sebelum anda melangkah ke tes wawancara.

Perlu diingat bahwa wawancara kerja merupakan perbincangan  antara dua arah – bukan hanya  seperti bos yang berusaha menentukan apakah Anda sesuai dengan kebutuhan mereka, tapi Anda juga harus mengevaluasi apakah mereka sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Banyak pencari kerja tidak melihat tes wawancara dengan cara ini, dan akibatnya, mereka menempatkan diri pada posisi yang kurang menguntungkan. Setelah semuanya, kebanyakan perusahaan meneliti calon pelamarnya melalui media online sebelum mempekerjakan mereka dan bahkan jika tidak, Anda biasanya harus mengirimkan ikhtisar tentang informasi yang relevan tentang diri Anda diresume Anda.

 

Tidak hanya meneliti siapa atasan anda nantinya, bahkan akan sangat membantu jika anda mengetahui bidang pekerjaan yang anda lamar dalam wawancara nanti. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang perusahaan sebelum duduk untuk wawancara.

 

Apa yang mereka lakukan?

 

Pertama dan yang utama, Anda harus mengerti apa yang dilakukan perusahaan. Mungkin terdengar jelas, namun ketika anda tidak mampu memberikan jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini dalam sebuah wawancara akan sangat menyakitkan kesempatan Anda untuk dipekerjakan semakin berkurang.

Cara terbaik untuk menemukan informasi ini sering kita lihat dari situs web perusahaan di mana Anda dapat mengetahui bagaimana mereka melihat dan apa yang mereka lakukan.

 

Apa yang akan kamu lakukan?

 

Sekali lagi jika anda tidak tahu apa pekerjaan yang mereka tawarkan merupakan salah satu kesalahan terbesar yang biasa dilakukan kandidat karyawan. Tujuan Anda dalam wawancara adalah untuk mendemonstrasikan dan menjelaskan apa yang membuat Anda menjadi kandidat terbaik untuk melaksanakan tugas dan posisi pada perusahaan. Anda tidak bisa berhasil melakukannya jika Anda tidak tahu apa tugas itu?

Ketahui apa yang baru dan patut diperhatikan pada perusahaan tersebut?

 

Fungsi dan misi perusahaan biasanya agak luas cakupannya dan relatif tidak berubah. Tapi apa yang baru saja mereka capai untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih baik?
Apakah mereka menawarkan produk atau layanan baru?
Membuka kantor di pasar baru?
Apakah mereka baru saja mengambil penyebab baru atau memulai inisiatif baru?

 

Ini adalah informasi bagus untuk dilemparkan sebelum memasuki sebuah wawancara. Ini menunjukkan bahwa Anda melakukan lebih dari sekedar melihat sekilas situs mereka, dan Anda benar-benar tertarik dengan apa yang mereka lakukan sebagai perusahaan. Mulailah dengan melihat ruang pers perusahaan, di mana Anda dapat menemukan informasi yang telah mereka siapkan untuk wartawan dan media. Pencarian berita Google untuk perusahaan atau nama pemimpin perusahaan juga dapat memberikan informasi yang berguna.

 

Siapakah pemimpinnya?

 

Seperti disebutkan di atas, mengetahui sedikit tentang tim kepemimpinan perusahaan dapat membantu dalam meneliti dan mempersiapkan sebuah wawancara. Banyak situs perusahaan menyertakan biografi singkat pada sejumlah pemimpin kunci mereka, dan dalam beberapa kasus Anda bahkan dapat menemukannya di media sosial.

 

Bergantung pada perusahaan itu sendiri dan posisi yang Anda lamar, tidak mungkin bagi manager atau eksekutif lainnya terlibat dalam proses perekrutan.

 

Siapa pewawancara anda?

 

Seperti yang kami sebutkan, masuk ke dalam wawancara, mereka sudah tahu banyak tentang Anda, jadi tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa yang Anda ketahui tentang mereka. Seringkali pewawancara akan menjadi orang yang menghubungi Anda untuk menjadwalkan wawancara.

 

Sambil mengetahui judul dan riwayat pekerjaan, pewawancara berpotensi membantu Anda mempersiapkan pertanyaan seperti apa yang diharapkan, seringkali lebih bermanfaat untuk merasakan kepribadian mereka. Bagaimanapun, atasan sering menggunakan wawancara untuk mengukur seberapa baik Anda sesuai dengan budaya tim. Cari minat bersama dan topik percakapan potensial lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membangun hubungan baik.

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.