Tips Seleksi Tes ODP BNI

tes odp bni 46

Apa itu ODP (Officer Development Program) BNI? Bersumber dari website BNI pengertian ODP adalah program karir percepatan yang dirancang oleh pihak bank BNI untuk mempersiapkan calon kandidat managerial diperusahaannya memalui jalur yang singkat dan cepat dengan berbagai tugas yang didapatkan.

Sampai saat ini masih banyak info lowongan dan loker mengenai ODP BNI 46 dari tahun sebelumnya sampai tahun terbaru saat ini. Berbeda dengan ODP BNI Syariah, kali ini kita akan membahas review recruitment karir dari ODP BNI saja.  Baik dari cerita berbagai pengalaman diblog dan thread di forum kaskus dari berbagai batch awal sampai batch 130 sudah kita rangkum menjadi satu.

Berdasarkan resume yang dicari adalah kandidat fresh graduate maupun berpengalaman kerja maksimal 2 tahun dari pekerjaan sebelumnya.

Ada 7 tahap tes yang dilaksanakan yaitu:

  1. Seleksi Berkas

Berikut kelengkapan jika kamu ingin mendaftar ODP BNI yaitu Biodata diri,cv terbaru, fotokopi ktp, fotokopi akta kelahiran, fotokopi ijazah dan transkip, foto 3×4, foto seluruh badan mulai dari atas hingga ujung kaki, surat belum menikah karena untuk masuk tahapan ODP ini kamu diharuskan tidak boleh menikah.  Kamu juga diharuskan membuat surat kesehatan dan skck dari kantor kepolisian.

Saran dari kami adalah gunakan cv dalam berbahasa inggris. Hal ini sangat berpengaruh dalam seleksi berkas yang akan menentukan gagal dari hasil tahap ini.

Mengapa dalam bahasa inggris? Karena pada salah satu tahapannya ada tahapan tes Toeic bahasa inggris

  1. Intial Interview

Pada tahapan ini kamu akan diminta untuk mengisi selembaran data diri yang nantinya akan menjadi materi dari interview intial.

Interview kali ini juga seperti interview HRD pada umumnya. Bahasa yang digunakan juga bukan bahasa inggris. Tetapi untuk jaga jaga selalu siapkan mentalmu untuk berlatih berbicara dengan bahasa inggris.

Jika kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, ceritakan pengalaman bekerjamu terdahulu. Jika kamu masih lulusan baru sebaikknya ceritakanlah pengalaman organisasimu dan apa saja yang telah kamu lakukan selama kuliahmu.

  1. Psikotes

Jika kamu dinyatakan lolos, tahapan berikutnya adalah tes psikotes. Jika kamu gagal kamu akan terhenti pada tahap interview. Pastikan mencari tahu kepada hrd kapan pengumuman untuk tapan selanjutnya.

Tes ini terdiri dari berbagai tahap, siapkan mental dan tenagamu sebelum mengikuti tes ini. Dikarenakan kamu akan mengikuti serangkaian tes selama satu hari full. Jangan lupa sarapan dan baawa bekal terlebih dahulu sebelum mengikuti tes ini.

Tes psikotes terdiri dari berbagai tahap ujian :
a. Yang pertama tes verbal kosakata bahasa,
b. klasifikasi gambar,
c. matematika dasar,
d. pengetahuan umum baik seputar bank dan pembahasan lainnya,
e. kemampuan ingatan,
f. Pauli atau biasa disebut tes koran,
g. warteg,
h. memutar gambar,
i. seri angka matematika,
j. Antonim dan sinonim kata,
k. gambar pohon dan orang

Usahakan menyelesaikan tes tersebut dengan cepat dan tepat. Karena waktu yang kamu miliki sangat terbatas pada setiap tahapan tes psikotes ini.

  1. FGD (Fokus Group Discussion)

Pada tahap kali ini kamu akan melakukan diskusi singkat dengan menentukan kelompok terlebih dahulu. Satu kelompok biasanya terdiri dari 5 – 8 orang. Setiap kelompok yang lolos hanya setengahnya. Selebihnya gagal di FGD ini.

Untuk materi yang akan kamu diskusikan adalah materi perbankan, pengetahuan tentang perbankan serta ilmu perbankan secara umum.

Pastikan kamu sudah sedik mengetahui dan belajar mengenai perbankan. Informasi saat ini serta berita berita yang sedang hangat dibicarakan pada saat ini.

  1. Kemampuan Bahasa Inggris (toeic)

Lulus atau tidaknya tes fgd dan psikotes kamu akan tetap melakukan tes TOEIC ini.
Tes TOEIC ini lebih mudah dari tes toefl yang pernah kamu kerjakan.
Tes ini terdiri dari listening, reading, structure, eror recognition

Untuk jumlah soalnya ada 200 soal dengan 100 diantaranya adalah listening selebihnya adalah structure.

6 Wawancara User

Wawancara user ini kamu akan dihadapkan dengan 2 interviewer sekelas managerial.
Mereka akan bertanya lebih detail mengenai teori perbankan dan kenapa kamu ingin masuk didunia perbankan.

Pertanyaan lebih mengarah ke visi misi dan motivasi kamu selama ini, serta komitmenmu jika kamu terpilih menjadi salah satu kandidat ODP.

7 Tes Kesehatan

Jika kamu lolos pada tahap interview user kamu akan melakukan tes kesehatan.

Disini kami belum bisa menyatakan bahwa kamu akan secara pasti lolos sebagai salah satu kandidat ODP, tetapi kemungkinan besar kamu berpeluang untuk lolos menjadi karyawan di BNI.

Tes kesehatan yang pertama adalah tes urin, kamu juga sebelumnya akan diberitahukan untuk puasa selama 8 jam tidak boleh makan dan hanya diperbolehkan untuk minum air putih saja. Selanjutnya adalah rekam jantung, tes fisik pengukuran tinggi berat dan mata, dan yang terakhir adalah tes ronsen.

Usahakan jangan bergadang, jangan merokok bagi kamu yang perokok dan minum alkohol sebelum kamu menjalani tes ini.

 

 

Berikut sudah kami rangkum seluruh bahasan tes dari berbagai kota di Indonesia mulai dari : Balikpapan, banjarmasin,  aceh, bandung, bali, denpasar, medan, jakarta, jogja, makasar, malang, manado, palembang, padang, yogyakarta. Biasanya seleksi perekrutan dilakukan di kota kota lokal.

Bagaimana ODP BNI VS ODP Bank Mandiri?
Kami melihat secara keseluruhan bahwa model percepatan ODP diberbagi bank hampir sama dan hampir mirip dari segi tes yang dilaksanakan

Untuk gaji dari ODP BNI ini terbilang sangat memuaskan kamu akan mendapatkan Rp 5,5 juta sampai Rp 7 juta pada masa trainning beserta dengan fasilitas dan bonus yang akan kamu dapat. Seperti kesehatan uang kos tempat tinggal dan sebagainnya.

>>>Baca Juga Lowongan Kerja Lainnya<<<

Add a Comment

Your email address will not be published.